Selasa, 29 Maret 2011

5 KOMPONEN SISTEM INFORMASI PEMASARAN


1.     Internal Information
Merupakan laporan penjualan, analisa penjualan, biaya per penjualan, dan biaya per permintaan. Kebanyakan data mentah tersebut sudah tersedia di dalam organisasi. Data tersebut hanya perlu diproses dan dianalisis sehingga menjadi informasi yang berguna. Hal ini relative mudah untuk dikerjakan jika ada suatu system informasi. System database pelanggan, misalnya secara otomatis mengubah data pelanggan menjadi peluang pemasaran seperti mengidentifikasi pelanggan-pelanggan mana yang siap untuk membeli bulan ini, bulan depan, atau tahun depan.

2.    External Information
Mencakup keadaan pasar diluar, ukurannya, strukturnya, kecenderungannya, peluang, ancaman, pesaing, dan pelanggan, baik yang baru maupun yang sudah lama, yang secara tetap mempengaruhi pasar. Seluruh pegawai, pelanggan, dan distribusi dapat memberikan kontribusi kepada bagian intelijen pemasaran ini.

3.    Position Information
Menggabungkan informasi internal dan eksternal secara bersama-sama, seperti penjualan organisasi dan penjualan keseluruhan di pasar untuk menghitung pangsa pasar. Sama halnya, kelemahan dan kekuatan internal dapat dibandingkan dengan para pesaing untuk menemukan keunggulan kompetitif, titik penjualan unik (unique selling point), dan yang paling penting apakah keunggulan kompetitif tersebut berkesinambungan.

4.    Decision Information
Merupakan model-model matematika, dalam berbagai macam analisis seperti regresi, korelasi, analisa factor, dan cluster.
5.    Forecast Information
Informasi untuk melihat masa depan dan termasuk perkiraan penjualan, inilah tulang punggung rencana pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar