Selasa, 08 Maret 2011

6 Langkah Perencanaan Pemasaran

Menurut Kotler (According to Kotler 136-137 : 2006) terdapat 6 langkah perencanaan pemasaran :
  1. Analisis situsional.
          Disini, perusahaan menguji berbagai kekuatan makro (ekonomi, politik hukum, sosial-budaya, dan teknologi) dan para pemain (perusahaan, pesaing, distributor, dan pemasok) di ruang lingkup masing-masing. Perusahaan melakukan analisis SWOT (Strengths/kekuatan, Weaknesses/kelemahan, Opportunities/peluang, dan Threats/ancaman). Bagian ini harus disertai dengan identifikasi persoalan besar yang sedang dihadapi unit bisnis.

     2.  Sasaran
Setelah mengidentifikasi berbagai peluang terbaik melalui analisis situasional, perusahaan harus memringkat peluang-peluang itu, menentukan pasar sasaran, serta menetapkan tujuan dan agenda untuk mencapainya. Perusahaan juga menentukan sasaran sesuai dengan stakeholder, reputasi perusahaan, teknologi, dan berbagai hal terkait. 

      3. Strategi
Sasaran apa pun dapat dicapai dengan berbagai cara. Dengan strategilah kita memilih arah tindakan yang paling efektif untuk mencapai sasaran. 

      4. Taktik
         Strategi harus dijabarkan secara mendetail sesuai dengan 4P dan tindakan yang akan diambil menurut jadwal setiap orang yang akan menjalankan rencana tersebut. 

      5. Anggaran
       Tindakan dan kegiatan yang terencana selalu melibatkan biaya, yang menambah anggaran yang dibutuhkan perusahaan untuk mencapai sasaran.

      6. Kontrol
         Perusahaan harus menyiapkan periode peninjauan dan ukuran yang akan mengungkapkan apakah perusahaan sudah maju sesuai rencana. Jika performanya rendah, perusahaan harus merevisi sasaran, strategi, atau tindakannya guna memperbaiki situasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar