Senin, 21 Februari 2011

Tahapan-tahapan yang di lalui konsumen

Tahapan pra pembelian terdiri dari :
  1. Identifikasi Kebutuhan : konsumen sebelum melakukan suatu pembelian akan mencari tahu apa yang sebenarnya di butuhkan, sehingga apa yang dikorbankan konsumen sesuai dengan apa yang direncanakannya.
  2. Pencarian Informasi : setelah melakukan tahapan identifikasi kebutuhan maka konsumen akan mencari informasi mengenai suatu produk yang dibutuhkannya, dari informasi tersebut konsumen akan membandingkan kelebihan dan kekurangan dari suatu produk tersebut, pada umumnya konsumen akan membandingkan kualitas, harga (diskon), merek, pengalaman orang lain, garansi dari suatu produk.
  3. Evaluasi Alternatif : setelah melakukan pencarian informasi dan membandingkan data-data yang didapat pada saat pencarian informasi maka konsumen akan melakukan evaluasi dari berbagai macam pilihan yang ada dan menyesuaikan dengan kebutuhannya (menyesuaikan harga, kualitas, dll.) dan melakukan pembelian.
Tahap Konsumsi :
Konsumen akan memanfaatkan pengalaman yang didapatnya pada saat mengkonsumsi suatu produk, apakah produk tersebut sudah sesuai dengan apa yang diharapkan. Konsumen akan membandingkan apakah harapan dalam membeli suatu produk sesuai dengan realita yang didapatnya.

Tahap Evaluasi Purna Beli :
Pada tahap ini maka konsumen akan memutuskan apakah akan membeli produk yang sebelumnya dikonsumsi ataukah akan berpindah ke produk (merek) lain. Pengalaman yang didapat konsumen sangat penting apakah pengalaman itu baik atau buruk, perusahaan harus cepat memberikan respons. Banyak perusahaan saat ini menyediakan layanan sharing untuk sesama konsumen yang fungsinya adalah untuk berbagi pengalaman. Ini merupakan suatu bentuk untuk membentuk komunitas. Komunitas merupakan salah satu senjata promosi perusahaan yang berbiaya rendah. Apabila perusahaan sudah memiliki komunitas-komunitas yang aktif maka perusahaan secara otomatis sudah dipromosikan oleh para komunitas tersebut.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar